Kamis, 06 Mei 2010

Pasar Tenaga Kerja Amerika Pulih pada Bulan April


Indikasi pemulihan pasar tenaga kerja Amerika meningkat pada hari Rabukemarin setelah data di pasar tenaga kerja sector swasta menunjukan peningkatan untuk pertama kalinya sejak Januari 2008. Berdasarkan laporan dari the ADP National Employment Report, pekerja swasta di luar sector pertanian dilaporkan meningkat 32.000 pekerja dari Maret hingga April 2010 dalam sebuah basis yang disesuaikan dengan musim (seasonally adjusted basis). Estimasi perubahan dalam pekerja swasta dari Februari hingga Maret direvisi meningkat dari turun 23.000 menjadi meningkat 19.000 pekerja. Sebagai tambahan, berubahan dari bulan Januari hingga Februari juga direvisi menjadi meningkat 3.000 tenaga kerja. Dengan demikian tanga kerja meningkat untuk ketiga kalinya berturut-turut meskipun hanya dengan peningkatan moderat. Lambannya peningkatan daribulan Februari hingga April konsisten dengan terhentinya penurunan jumlah penduduk yang mengajukan tunjangan pengangguran untuk pertama kalinya (initial unemployment claims) yang terjadi sepanjang musim dingin.

Perusahaan-perusahaan Amerika meningkatkan tenaga kerjanya guna menyesuaikan dengan meningkatnya permintaan seiring para konsumen dan pebisnis berbelanja lebih banyak. Ekonom yang disurvey Bloomberg News memproyeksikan laporan data tenaga kerja pemerintah yang akan dirilis tanggal 7 mendatang akan menunjukan daftar penggajian meningkat pada bulan April yang sebagian ditunjang oleh perekrutan tenaga kerja sementara oleh pemerintah Federal untuk pelaksanaan sensus tahun 2010. Senior ekonom di Moody’s Economy.com, Aaron Smith menyatakan para pengusaha swasta akan menambah pekerjaan, namun secara perlahan. Perekrutan di sector swasta dibutuhkan untuk meningkatkan dan mencegah pelemahan substansial di pasar tenaga kerja saat perekrutan tenaga sensus berakhir musim panas ini.

Data ADP diperkiakan mengalami peningkatan 30.000 pekerjaan, bereasarkan estimasi dari 32 ekonom dalam survey Blooberg. Proyeksi berkisar dari tidak mengalami perubahan (0) hingga meningkat 80.000. Perkiraan survey Bloomberg tersebut lebih besar dibanding perkiraan ekonom dalam survey Reuters yang hanya memperkirakan penambahan 25.000 pekerjaan.

Dalam laporannya ADP menyatakan berbeda dengan estimasi total pekerja yang akan dirilis hari Jum’at mendatang oleh Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS), laporan ADP hari ini tidak meliputi perekrutan pemerintah Federal pada bulan April untuk sensus tahun 2010. Untuk itu sangat beralasan untuk memperkirakan bahwa data hari Jum’at esok untuk data total pekerja di luar sector pertanian yang dilaporkan oleh BLS akan lebih besar dibanding perkiraan hari ini untuk pekerja swasta yang juga di luar sector pertanian dalam laporan ADP. Departemen perekrutan pemerintah akan menyelenggarakan sensus Amerika yang digelar setiap 10 tahun sekali, nampaknya akan mencatatkan sejumlah peningkatan daftar penggajian (payrolls) pada bulan April, dengan perekrutan pekerja swasta yang diperkirakan mengalami pull back dari peningkatan spektrakuler 123.000 pada bulan Maret lalu.

Laporan ADP bulan April memperkirakan pekerja swasta di sector penyedian jasa meningkat 50.000, peningkatan bulanan selama tiga bulan berturut-turut. pekerja di sector produksi barang-barang kebutuhan turun 18.000 sepanjang bulan April. Namun meskipun pekerja konstruksi turun 49.000, pekerja manufaktur, dalam sebuah indikasi yang memberi harapan, meningkat 29.000, peningkatan bulanan selama tiga bulan berturut-turut.

Perusahaan-perusahaan besar, didefinisikan sebagai perusahaan dengan lebih dari 500 atau lebih tenaga kerja, menunjukan pekerjanya meningkat 14.000 dan perusahaan sedang, didefinisikan sebagai peruashaan dengan pekerja antara 50 hingga 499 orang meningkat 17.000, dan perusahaan kecil, didefinisikan sebagai perusahaan dengan tenaga kerja kurang dari 50 meningkat 1.000 orang pada bulan April.

Pada bulan April lalu, pekerja konstruksi turun 49.000. Penurunan tersebut secara moderat lebih tinggi dibanding penurunan bulan sebelumnya sebanyak 38.000. Penurunan tersebut juga merupakan penurunan ke 39 bulan berturut-turut, dan membawa total penurunan di sector konstruksi sejak mencapai puncaknya pada Januari 2007 menjadi 5.159.000. Pekerja di sector jasa financial turun 14.000, menghasilkan lebih dari tiga tahun penurunan bulanan berturut-turut.

Data lain yang dirilis hari Rabu kemarin menunjukan jumlah rencana pemutusan hubungan kerja sementara (layoffs) di perusahaan-perusahaan swasta turun lebih dari 40 persen pada bulan April ke level terendah selama hampir empat tahun, meyakinkan bahwa para pengusaha lebih yakin terhadap kondisi ekonomi. Para pengusaha mengumumkan 38.326 pekerja direncanakan dipangkas bulan lalu, jumlah pemangkasan terendah sejak Juli 2006 dan turun dari 67.611 yang direncanakan pada bula Maret, data dari laporan global outplacement consultancy Challenger, Gray & Christmas, Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar