Selasa, 06 April 2010

Industri Jasa Amerika Meningkat Dengan Peningkatan Terbesar sejak Mei 2006; Pending Homes


Industri jasa Amerika meningkat pada bulan Maret dengan peningkatan terbesar sejak Mei 2006, mengindikasikan pemulihan ekonomi Amerika meluas melampaui manufaktur dan mulai membangun pekerjaan. The Institute for Supply Management’s index of non- manufacturing businesses yang meliputi hamper 90% ekonomi Amerika meningkat menjadi 55.4, lebih tinggi dibanding yang diantisipasi oleh para analis, dari 53 pada bulan sebelumnya. Nilai indeks di atas 50 mengindikasikan terjadinya peningkatan. Data terpisah pekan lalu menunjukan sector manufaktur Amerika tumbuh untuk kedelapan bulannya berturut-turut pada bulan Maret, meningkat dengan peningkatan tercepat sejak Juli 2004, sementara para pengusaha Amerika menambah pekerjaan bulan lalu pada percepatan terbesar dalam 3 tahun. Data laun yang diirlis kemarin, pending homes sales pada bulan Februrai juga mengalami lonjakan dengan peningkatan terbesar sejak 2001.

Sector jasa Amerika meliputi hampir dua per tiga dari aktivitas ekonomi Amerika, dan analis menyatakan pertumbuhan dalam sektor ini menjadi pertanda baik bagi belanja konsumen dan keseluruhan pasar tenaga kerja. Komponen tenaga kerja pada indeks ISM sedikit meningkat pada bulan Maret, sementara pesanan baru (new orders) meningkat. The Conference Board, kelopok riset swasata, menyatakan pasar tenaga kerja Amerika menguat selama 7 bulan berturut-turut pada bulan Maret, dimana lebih sedikit penduduk Amerika mempunyai masalah dalam mencari pekerjaan. Ekonom menyatakan pertumbuhan pasar tenaga kerja penting untuk keberlanjutan ekspansi ekonomi, khususnya seiring belanja stimulus oleh pemerintah mulai berakhir. Dan meskipun terjaid peningkatan dalam pasar tenaga kerja, tingkat pengangguran masih bertahan pada 9.7% pada bulan Maret, selama 3 bulan berturut-turut.


Meningkatnya belanja konsumen memberi keuntungan bagi perusahaan-perusahaan seperti Carnival Corp. dan Best Buy Inc. dan menekankan pada ekspansi luas yang kemungkinan menstimulus perekrutan tenaga kerja. Didukung oleh peningkatan di pasar tenaga kerja yang berada di tepi peningkatan payrolls terbesar dalam 3 tahun akan meningkatkan pendapatan, memberi para rumah tangga uang yang diperlukan untuk tetap belanja, yang meliputi hamper 70% ekonomi. Kondisi pesanan untuk industri jasa meningkat ke level tertinggi sejak 2005, sementara simpanan berada pada level tertinggi sejak Agustus 2007, mengindikasikan para perusahaan memiliki masalah menjaga permintaan tetap meningkat.

Pending Homes

Berdasarkan data dari the National Association of Realtors, lebih banyak penduduk Amerika yang menandatangani kontrak pada bulan Februari untuk membeli rumah bekas pakai. Indeks kesepakatan pembelian, atau pending home sales, meningkat 8.2%, pningkatan rekor terbesar kedua dan terbanyak sejak Oktober 2001. Para pembeli nampaknya berlomba untuk mendapat keuntungan dari paket pemotongan pajak kredit yang menuntut diselesaikannya kontrak pembelian pada akhir bulan ini, mengindikasikan rebound dalam penjualan akan timbul secepatnya.

Michael Freoli, kepala ekonomi Amerika di JPMorgan Case & Co. di New York menyatakan sebagian dari hal tersebut kemungkinan peningkatan dalam aktivitas menjelang prospek berakhirnya paket pemotongan pajak bagi pembeli perumahan, meskipun bila jika kita melihat melihat kedalam pasar tenaga kerja secara actual menunjukan pertumbuhan yang pantas, lalu kita akan memperkirakan perumahan akan menyusul.

Pending sales dipertimbangkan sebagai sebuah leading indicators sebab data tersebut merekam jejak penanadtanganan kontrask. Laporan existing home sales dari the Realtos tersebut merupakan catatan akhir, yang pada khususnya teradi satu atau dua bulan terakhir. Pending sales kembali ke Jamiaro 2001 dan Realtor mulai mempubilkasikan indeks tersebut pada Maret 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar