Sabtu, 11 April 2009

Lanjutan ...........

Lepas Landas

Ketika sebuah artikel di majalah Fotune pada 1966 mengulas habis tentang sebuah jenis investasi yang mengalahkan kinerja semua reksa dana dengan kinerja dua angka dalam lima tahun terakhir, industri hedge fund telah lahir. Sampai 1968 ada sekitar 140 hedge fund yang beroperasi.

Dalam upaya memaksimalkan keuntungan, banyak hedge fund tersebut meninggalkan strategi Jones, yang berfokus pada metode pemilihan saham yang disandingkan denga lindung nilai (hedging), dan malah memilih strategi yang lebih beresiko berdasarkan leverage jangka panjang. Taktik ini akhirnya bermuara pada kerugian besar di tahun 1969-70, dan diikuti oleh penutupan sejumlah hedge fund pada masa pasar bearish 1973-74.

Penutup
Hedge fund telah banyak berevolusi sejak 1949. Hedge fund modern menawarkan berbagai jenis strategi, termasuk jenis-jenis yang tidak melibatkan teknik lindung nilai tradisional. Industri ini juga berkembang pesat, dengan estimasi saat ini mencapai nilai setidaknya US$1 triliun.

Dengan sejarah yang gemilang walaupun telah beberapa kali jadi sorotan media karena kegagalan beberapa hedge fund besar, terlihat bahwa siklusnya akan berulang pada waktu tertentu di masa depan.

Namun bukan berarti industri ini adalah industri yang tidak memiliki prospek, lagi-lagi kita sendiri yang harus melakukan proses due deligance sebelum melakukan investasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar